Slide Materi: Perusahaan dalam Pasar Kompetitif (Pasar Persaingan Sempurna)

Pasar Kompetitif atau yang lebih dikenal dengan nama Pasar Persaingan Sempurna merupakan struktur pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang dijual sama dan penjual sebagai pengambil harga (price taker).

Pengertian yang kami sampaikan ini sejalan dengan pendapat Mankiw (2012) bahwa Pasar Kompetitif atau Pasar Persaingan Sempurna adalah “a market with many buyers and sellers trading identical products so that each buyer and seller is a price taker”.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat diketahui bahwa terdapat 2 karakteristik pokok dari Pasar Persaingan Sempurna, yaitu:
  1. Terdapat banyak penjual dan pembeli di pasar
  2. Produk yang dijual sama
Mengapa Penjual dalam Pasar Persaingan Sempurna hanya Sebagai Pengambil Harga (Price Taker)?
Penjual dalam pasar persaingan sempurna hanya sebagai pengambil harga (price taker) karena harga ditentukan oleh mekanisme pasar. Banyaknya penjual dalam pasar tersebut merupakan faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.

Ukuran satu atau beberapa penjual sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran pasar (karena banyaknya jumlah penjual) sehingga satu atau beberapa penjual tidak mampu mempengaruhi harga pasar.

Dalam kata lain satu atau beberapa penjual tidak mempunyai kekuatan untuk menentukan harga, apabila dia menjual harga di atas harga pasar, dagangannya tidak akan laku dan sebaliknya apabila menjual dengan harga di bawah harga pasar, ia akan rugi.

Sehingga penjual dalam pasar persaingan sempurna akan menjual produknya dengan harga yang sudah ditentukan oleh mekanisme pasar.

Kelanjutan materi ini kami tampilkan dalam bentuk screenshotpowerpoint berikut ini:

Slide Materi: Perusahaan dalam Pasar Kompetitif (Pasar Persaingan Sempurna)

Slide Materi: Perusahaan dalam Pasar Kompetitif (Pasar Persaingan Sempurna)

Slide Materi: Perusahaan dalam Pasar Kompetitif (Pasar Persaingan Sempurna)

Apabila anda ingin mendapatkan file materi lengkapnya, silakan kirim permintaan ke iro.maruto@gmail.com (sertakan judul artikelnya) 100% FREE!
Next Post Previous Post