Menyikapi Dunia

Rasulullah berwasiat dalam sabdanya, 'Jadilah kamu di dunia seolah-olah orang asing atau orang yang lewat.’ Ibn Umar berkata, ‘Jika engkau ada pada waktu sore maka jangan menunggu pagi hari. Jika engkau ada pada waktu pagi maka jangan menuunggu sore hari. Manfaatkanlah sehatmu sebelum sakitmu dan manfaatkanlah hidupmu untuk bekal matimu (HR al-Bukhari, Ibn Hibban dan al-Baihaqi)


Dalam riwayat lainnya, Ibn Umar ra., berkata: Rasulullah saw. memegang kedua bahuku dan bersabda, "Jadilah kamu di dunia seolah-olah orang asing atau orang lewat dan hitunglah dirimu termasuk penghuni kubur" (HR Ahmad, at-Tirmidzi, Ibn Majah, ath-Thabarani dan al-Baihaqi)

Dalam hadits ini, Rasulullah memberikan pelajaran agung. Beliau mencontohkan bagaimana menyampaikan nasihat sehingga tertanam dan diingat oleh orang yang diajar atau diberi nasihat. Sebelum menyampaikan nasihat, Rasul saw memegang bahu Ibn Umar ra yang akan diberi nasihat.


Nasihat yang disampaikan oleh Rasul saw merupakan pelajaran yang agung bagaimana menyikapi dunia. Siapa saja yang mengambil nasihat itu tidak akan tertipu dan terpedaya oleh dunia. sumber (Hizbut-tahrir.or,id)
Next Post Previous Post