Apakah Pembelajaran Elektronik Terpadu itu?
Terdapat beberapa pengertian Pembelajaran Elektronik Terpadu, diantaranya sebagai berikut:
1. Sebuah akses kepada pilihan sumber belajar alternatif yang lebih banyak melalui komputer pribadi (PC) Anda dari tempat penyimpanan digital internasional dan juga institusional, yang diakses melalui “log-in” tunggal yang menciptakan “perpaduan” pembelajaran yang ditawarkan kepada Anda;
2. Belajar online dengan tutor sebagai fasilitator dan menekankan pada kreasi bersama dalam sebuah kelas yang kaya dalam suasana kerjasama online;
3. Mengunduh konten ke dalam peralatan mobile, menggunakan podcasts, dan buku elektronik sebagai sumber, PC tablet dengan koneksi nirkabel untuk mencatat dan berbagi dikelas, dan menggunakan fasilitas berkirim pesan untuk menerima informasi terbaru mengenai perkuliahan sambil mereka beraktivitas;
4. Memasukan unsur permainan onlinedengan banyak pemain atau bermain peran melalui multimedia dengan menggunakan simulasi otentik yang dikembangkan untuk menggali penanganan permasalahan kehidupan nyata sehari-hari;
5. Konten personal disampaikan melalui jaringan yang diatur dengan signal RSS untuk menandai konten baru yang relevan dengan minat individu;
Pembelajaran Elektronik Terpadu via okezone.com |
6. Menggunakan lingkungan pembelajaran virtual (VLE) untuk mengakses materi perkuliahan dan mengajukan pertanyaan di dalam maupun di luar kampus;
7. Mengunggah catatan-catatan ke blog Anda sendiri ketika perkuliahan berlangsung dan menggunakan semacam alat bantu elektronik untuk memberi umpan balik kepada penyaji dengan cepat;
8. Belajar tepat pada waktunya dengan menggunakan tutorial berbasis komputer;
Tetap berhubungan dengan teman-teman belajar yang jauh dari kelas melalui penggunaan pesan instan dan mekanisme sosialisasi melalui komputer informal lainnya;
9. Mengumpulkan dan menerbitkan portofolio tugas-tugas kuliah Anda yang dipelajari dari beberapa institusi;
10. Penggabungan tempat belajar fisik dan virtual yang tidak berlapis yang menggabungkan dan mengakomodir teknologi, tetapi berfokus pada pembelajaran mahasiswa;
11. Hubungan pengajar-mahasiswa yang bermanfaat dan berhasil di kelas, dan dipelihara melalui komunikasi onlinetanpa pernah bertatap muka sekalipun.
Penulis: Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si. (rangkuman dari buku “Preparing for Blended e-Learning” dengan penulis Allison Littlejohn & Chris Pegler).