Macam-macam Komunikasi
Pada hakikatnya komunikasi itu ada bermacam-macam. Baik komunikasi itu terjadi di rumah, di toko, di perusahaan, di kantor maupun komunikasi itu dilakukan secara perorangan atau kelompok.
Di bawah ini akan dikemukakan macam-macam komunikasi menurut tinjauannya masing-masing.
1. Bila ditinjau atas dasar lawan komunikasi, maka komunikasi dapat dibagi menjadi:
- Satu lawan satu atau disebut komunikasi pribadi (private communication)
- Satu lawan bsanyak disebut komuniksai umum (public communication)
- Banyak lawan satu disebut komunikasi umum
- Banyak lawan banyak di sebut komunikasi umum
2. Jika dilihat atas dasar jumlahnya, maka komunikasi dapat dibagi menjadi:
a. Komunikasi perseorangan
Adalah komunikasi yang dilakukan antar perseorangan.atau dengan lain perkataan antara pemrakarsa komunikasi dengan penerima berita masing-masing terdiri dari satu orang.
b. Komunikasi dalam kelompok
Artinya komunikasi yang terjadi antara pengirim berita dngan penerima berita dalam bentuk kelompok
3. Menurut cara penyampaianya, maka komunikasi dapat dibagi menjadi:
a. Komunikasi lisan
Yaitu komunikasi yang dilakukan atau dilaksanakan secara lisan, seperti, perintah, pemberitahuan dan lain sebagainya.
b. Komunikasi tertulis
Adalah komunikasi yang dilakukan atau dilaksanakan secara tertulis,seperti:surat menyiurat, memo, telegram dan lain sebagainya.
4. Bila ditinjau atas dasar maksud komunikasi, maka komunikasi dapat dibagi menjadi:
a. Memberi perintah atau instruksi
Artinya komunikasi yang dilakukan itu bermaksud memberi perintah atau instruksi
b. Memberi nasihat
Artinya komunikasi yang dilakukan itu bermaksud memberi nasihat atau mmberi petunjuk kepada seseorang (karyawan)
c.Memberi saran
Dimaksudkan komunikasi yang dilakukan itu bermaksud mmberi saran atau memberi nasihat
Communication via forbes.com |
d. Berpidato
Ialah komunikasi yang dilakukan itu bermaksud memberi pidato atau ceramah.
e. Mengajar atau memberi ceramah
Adalah komunikasi yang dilakukan itu bermaksu mengajar
f. Berunding
Adalah komunikasi yang dilakukan itu bermaksud berunding
g. Pertemuan
Artinya komunikasi yang dilakukan itu bermaksud mengadakan pertemuan
h. Wawancara
Artinya komunikasi yang dilakukan itu bermaksud mengadakan wawancara.
5. Jikalau dilihat atas dasar jalur komunikasi,maka komunikasi dapat dibagi menjadi:
a. Komunikasi langsung (face to face)
Artinya komunikasi yang terjadi antar orang dengan orang lain secara bertatap muka langsung
b. Komunikasi tidak langsung
Adalah komunikasi yang terjadi secara tidak langsung (tidak bertatap muka secara langsung). Hal ini dipisahkan oleh jarak tempat dan waktu
Penulis: Dr. Hery Sawiji, M.Pd. dalam bukunya “Fungsi Manajemen”