rencana bisnis
Tugas Pengantar Bisnis
Nama dosen: Deasy Dwi Handayani
Nama : Dwi Apriliani Nurmalasari Putri
NPM : 22215031
Kelas : 1EB08
DEPOK
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015/2016
KLASIK CAFE
· Bidang usaha :
Menyediakan berbagai macam makanan dan minuman
· Lokasi usaha :
berlokasi di Kemang , Jakarta Selatan (Luas bangunan 30 m2)
Alasan : karena daerah kemang adalah daerah yang strategis, dan sangat cocok untuk membuka tempat makanan seperti café saya ini.
· Tujuan usaha:
Saya memilih klasik café karena ingin membuat tempat makan baru bernuansa klasik. Pengunjung akan merasa nyaman dengan
bernuansa klasik ini.Tujuan utama saya membuat café ini untuk para
pecinta coffee, dengan tempat yang bernuansa klasik ini cocok sekali dan
bisa membuat nyaman para pengunjung. Tujuan lainnya untuk membantu
masyarakat sekitar memperoleh pekerjaan.
· Jumlah karyawan dan jenis pekerjaan:
Memerlukan 12 karyawan :
§ 1 Manajer pemasaran
§ 1 Manajer keuangan
§ 1 kasir
§ 5 pelayan
§ 3 koki
§ 1 Satpam
· Proses produksi :
Jumlah ouput (barang) yang akan diproduksi pada usaha café kami terkait dengan:
a. Suplai bahan baku
Pengadaan bahan baku dilakukan setiap hari, adapun proses pengadaan bahan di Cafe kami ialah Koki membuat laporan tentang bahan apa saja yang akan dibeli beserta jumlahnya, begitu juga dengan barang yang ada di service area.
b. Kapasitas mesin
Kapasitas mesin merupakan faktor yang menentukan jumlah makanan atau minuman yang akan diproduksi.
c. Operasional
melayani konsumen dengan baik
· Hasil produksi:
Salah satu makanan dan minuman yang terfavorit di café adalah
§ Minuman
Andalan minuman di café kami adalah kopi. Banyak cara menyeduhkan kopi agar terasa enak . Salah satu menyeduhkan kopi yang berbeda adalah pelanggan bisa memfilter kopi sendiri yang disebut manual brewing. Selain beda penggunaannya, filter-filter ini juga memiliki kualitas dan ‘rasa bawaan’ yang berbeda.
§ Makanan
Andalan dicafe kami dalam segi munuman adalah kopi, sudah pasti makanan yang pas untuk kopi adalah roti. Ada beberapa rasa roti dicafe kami, tetapi yang paling banyak dipesan oleh pelanggan adalah roti rasa cappuccino. Roti yang mempunyai rasa gurih dan rasa cappuccino yang begitu lezat dan bisa memanjakan lidah anda dengan rasanya tersebut. Roti yang mempunyai rasa cappuccino ini tepat sekali jika digabungkan oleh kopi .
· Strategi Pemasaran
Ada beberapa cara kami untuk memasarkan café kami agar diketahui banyak orang dan banyak pengunjung yang dating seperti :
1. Melalui komunitas
. 2. Promosikan secara konvensional (word of mouth / dari mulut ke mulut).
3.melalui internet
4. melalui brosur
· Slogan Perusahaan
“ Jangan ngaku lo pecinta kuliner kalo belom makan di café klasik”
Kami memilih slogan ini karena banyak sekali orang yang gemar sekali kuliner dan mencoba dibanyak tempat, dan dengan tulisan slogan kami mereka akan mencoba dating karena pasti penasaran dengan keistimewaan café kami ini.