Pengertian Sistem Politik Indonesia dan Ciri - Cirinya

Apa itu sistem ? Apa itu Politik ? Bagaimana Ciri-ciri sistem politik ? Berikut ini kita akan bahas satu persatu....


Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma). Sistem adalah sekelompok komponen dan elemen yang digabungkan menjadi satu untuk mencapai tujuan tertentu.

Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu "polis" artinya Negara/Kota. Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Di samping itu politik juga dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda, antara lain sebagai berikut :
1. Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
2.  Politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara. 
3. Politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat. 
4. Politik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Jadi, yang perlu dipahami dalam konteks politik yaitu : kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, partisipasi politik, proses politik, dan juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui seluk beluk tentang partai politik.

Pengertian Sistem Politik
1.  Samuel P.Huntington bahwa sistem politik terbagi atas 5 definisi sesuai dengan komponen yang dimilikinya yaitu:
Nilai-nilai (values), sikap sikap (attitudes),orientasi (orientation), mitos (myths) dan kepercayaan (beliefs) yang relevan terhadap poltik dan yang berpengaruh dalam masyarakat.
Organisasi formal dalam masyarakat di mana digunakan untuk menjalankan keputusan-keputusan yang berwewenang seperti partai politik, badan perwakilan rakyat, eksekutif dan birokrasi.
(system as a group) yaitu bentuk bentuk sosial dan ekonomi baik yang formal maupun nonformal, yang berpartisipasi dalam bidang politik yang mengajukan tuntutan-tuntutan terhadap struktur-struktur politik.
(political system as leadership) bahwa individu dalam lembaga lembaga politik dan kelompok kelompok politik yang menjalankan pengaruh lebih daripada lainnya dalam memberikan alokasi nilai -nilai. Dan
Pola kegiatan pemerintahan yang secara sadar terbentuk untuk mempengaruhi distribusi keuntungan dalam masyarakat.

2. Robert Dahl mengatakan bahwa sistem politik adalah suatu pola yang tetap dari hubungan manusia yang melibatkan makna yang luas dari kekuasaan, aturan aturan dan kewenangan.

3. Menurut  Sri Soemantri bahwa sistem politik adalah kelembagaan dari hubungan antara manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik, baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik. Suprastruktur politik adalah lembaga lembaga negara yang bersangkutan, yang pada umumnya berupa lembaga legislatif dengan kekuasaan legislatif (the legislature with legislative power), lembaga eksekutif dengan kekuasaan eksekutif (the executive with the executive power) serta lembaga yudisial dengan kekuasaan yudikatif (judiciary with judicial powers). Sedangkan pengertian Infrastruktur politik adalah suatu negara pada umumnya memiliki 5 komponen yaitu partai politik, kelompok, kepentingan (interest group), kelompok penekan (pressure group), alat komunikasi politik (media of political communication), dan tokoh politik (political figure).


4. Menurut David Easton bahwa sistem politik adalah sebuah sistem yang terdiri dari alokasi nilai-nilai dan pengalokasian nilai-nilai yang ada bersifat paksaan serta mengikat masyarakat secara keseluruhan. David Easton menambahkan bahwa sistem politik dapat dikenali sebagai sebuah interaksi yang diabstraksikan dari seluruh tingkatan sosial, melalui makna nilai-nilai dialokasikan secara otoritatif kepada masyarakat.


5. Pengertian Sistem Politik oleh Gambriel Almond adalah sebuah sistem interaksi yang dapat ditemukan dalam masyarakat merdeka (The political system is a system of interaction that can be found in a free society), yang menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Fungsi integrasi yang dijalankan oleh sistem politik untuk mencapai kesatuan dan persatuan dalam masyarakat yang bersangkutan. sedangkan fungsi adaptasi adalah sebuah fungsi penyesuaian terhadap lingkungan.


6. Pengertian sistem politik oleh Rusadi Sumintapura yaitu  sistem politik adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam hubungan satu sama lain yang menunjukkan suatu proses yang langgeng.


7. Menurut Sukarna bahwa sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur atau mengelola bagaimana memperoleh kekuasaan dalam negara, mempertahankan kedudukan kekuasaan dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dengan rakyat atau sebaliknya dan mengatur hubungan negara dengan negara, atau dengan rakyatnya atau dengan cara singkat dapat dikatakan bahwa sistem politik adalah tata cara mengatur negara.

Secara umum pengertian sistem politik adalah sebuah sistem yang terdapat dalam suatu negara atau masyarakat yang telah memiliki badan-badan atau organisasi.

Model Sistem Politik dibagi menjadi dua :
gambar 1.1

Ciri-ciri Sistem Politik
Ciri-Ciri Umum Sistem Politik Menurut Almond ada 4 sebagai berikut :
1. Semua struktur politik memiliki spesialisasi, baik pada masyarakat primitif maupun modern dalam melaksanakan banyak fungsi.
2.  Semua sistem politik yang sederhana sekalipun dengan memiliki kebudayaan politik.
3.  Masyarakat yang sederhana pun mempunyai tipe struktur politik yang terdapat dalam masyarakat.
4. Semua sistem politik menjalankan fungsi yang sama, namun memiliki perbedaan pada tingkatan yang berbeda-beda, yang ditimbulkan karena perbedaan struktur.


Pengertian sistem politik di Indonesia adalah sistem yang menunjuk pada suatu sistem yang pernah berlaku di indonesia, yang sedang berlaku atau nyata berlaku di Indonesia, yang berlaku selama eksistensi negara Indonesia sampai sekarang.

Perbedaan sistem politik Indonesia dengan sistem politik di Indonesia :
Sistem politik Indonesia mengkaji tentang sistem politik yang berlaku di Indonesia sedangkan sistem politik di Indonesia adalah sistem politik yang pernah berlaku di Indonesia. Artinya bahwa sistem politik Indonesia merupakan sistem politik yang dianut oleh Indonesia yang berdasarkan nilai budaya Indonesia yang bersifat turun-temurun dan juga bisa diadopsi dari nilai budaya asing yang positif bagi pembangunan sistem politik Indonesia.
Sedangkan sistem politik di Indonesia lebih menekankan bahwa sistem ini adalah sistem politik yang pernah dilaksanakan di Indonesia pada masa lalu. Contoh, pada masa pemerintahan Orde lama, Orde baru dan bahkan masa pra kemerdekaan.


Sampai disini pembahasan saya mengenai "Sistem Politik" semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih  telah mampir di blog saya,jangan lupa Like dan Komentarnya ya
Next Post Previous Post