Kealaman Dasar



MAKALAH
RANGKUMAN ILMU KEALAMAN DASAR

Disusun Oleh :
Nama : Melinus Gulo
NPM  : 14.011.111.004
Jurusan  : Ilmu Pemerintahan, Semester II


      

 
BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Sumber daya alam adalah unsur lingkungan yang terdiri atas sumber daya alam hayati, sumber daya alam nonhayati dan sumber daya buatan, merupakan salah satu aset yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sebagai modal dasar pembangunan sumberdaya alam harus dimanfaatklan sepenuhnya tetapi dengan cara-cara yang dipergunakan harus dipilih yang dapat memelihara dan mengembangkan agar modal dasar tersebut makin besar manfaatnya untuk pembangunan lebih lanjut dimasa mendatang.
Dalam memanfaatkan sumber daya alam, manusia perlu berdasar pada prinsip ekoefisiensi. Artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisien dalam memikirkan kelanjutan SDM. Pembangunan yang berkelanjutan bertujuan untuk terwujudnya keberadaan sumber daya alam untuk mendukung kesejahteraan manusia. Maka prioritas utama pengelolaan adalah upaya pelestarian lingkungan , supaya dapat mendukung kehidupan makhluk hidup. Bila sumber daya alam rusak maka kehidupan akan terganggu .


BAB II
PEMBAHASAN
A.      ILMU PENGETAHUAN ALAM  ( IPA )
Ilmu alam atau ilmu peengetahuan alam adalah istilah yang dipergunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum yang pasti dan umum, berlaku kapanpun dan dimana pun. Sains adalah kumpulan pengetahuan dan proses dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuuan itu. Sains merupakan proses dan produk yang tidak dapat dipisahkan.
IPA adalah suatu pengetahuan teoritis yang diperoleh  atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu melakukan obsevasi eksperimentasi ,penyusunan teori, penimpulan, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kiat-mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain. Cara mendapatkan ilmu dengan cara yang demikian terkenal dengan nama metode ilmiah. Pada dasarnya metode ilmiah merupakan suatu cara yang logis untuk memecahkan suatu masalah tertentu.
B.       MATEMATIKA SEBAGAI BAHASA ILMU
Matematika adalah bahasa dasar ilmu pengetahuan. Dengan bantuannya, persoalan yang rumit dapat dibuat jelas dan sederhana sehingga mudah dicari pemecahannya. Matematika merupakan cabang ilmu yang berdiri sendiri. Untuk mempelajarinya, seseorang tidak perlu mempelajari ilmu lain terlebih dahulu. Dengan mempelajari matematika, orang akan lebih mudah mempelajari ilmu lainnya. Penggunaan matematika tidak terbatas pada ilmu alam juga, seperti fisika, kimia, dan teknik, tetapidpt juga meliputi ilmu social, seperti ekonomi, dan kependudukan. Pada dasarnya matematika dapat dibagi menjadi 3 cabang utama, yaitu, aljabar, analisis, dan geometri. Selain itu ada beberapailmuyang dianggap sebagai cabang matematika, yaitu statistika, peluang, computer, aseomatika,dan lain-lain.
Matematika adalah suatu ilmu yang abstrak. Teori-teori  dalam ilmu ini disusun dengan dukungan pola berfikir atau penalaran tertentu. Matematika tumbuh dan berkembang karena proses berfikir , olehb karena itu logika adalah dasar untuk terbentuknya matematika. Logika adalah masa bayi dari matematika, sebaliknya matematika adalah masa dewasa bagi logika. Sejalan dengan berkembangnya matematika maka banyak para ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai matematika.
Dasar penerapan matematika terlihat dengan adanya keterkaitan antara konsep yang abstrak dalam matematika dengan suatu yang nyata. Untuk mengenal penerapan atau untuk mempelajari kemungkinan penerapan suatu konsep abstrak lainnya, perlu dipahami interprestasi konsep abstrak itu dalam bentuk ungkapan-ungkapan nyata atau setidaknya dengan ungkapan yang menggunakan bahasa sehari-hari.
C.      PLANIT BUMI
Bumi adalah salah satu planet bersama-sama dengan plane3t lain mengelilingi matahriberbentuk bola agak elip, dengan jari-jari terbesar di ekuator dan terkecil di kutub. Kerak bumi mempunyai kedalaman bervariasi antara 10-65 km. Kerak bumi terbagi menjadi dua yaitu kerak benua lebih tebal dan dapat mencapai 65 km, terutama pada  daerah pegunungan . dan kerak samudera merupakan 71 % dari seluruh kerak bumi , dengan ketebal;an dapat mencapai 10 km. Mantel bumi terletak dibawah kerak bumi sampai kedalaman sekitar  2900 km, merupakan pembentuk 82% volume bumi dan merupakan 68% dari massa bumi. Inti bumi dibawah mantel  sampai kedalaman sekitar 6370 km. Hasil studi gelombang gempa menunjukkan bahwa inti bumi terbagi atas dua yaitu inti luar yang bersifat cair dan inti dalam yang bersifat padat.
Indonesia termasuk wilayah dimuka bumi yang memiliki aktivitas tektonik tinggi , yang memberikan konsekuensi terhadap tatanan geologi yang rumit.indonesia bagian barat mempunya tatanan tektonik yang lebih sederhana dibandingkan dengan tektonik indonesia bagian timur. Kerumitan tektonik bagian timur ini  se3cara fisiografis dapat dilihat dari deretan-deretan pulau yang melengkung.
D.      MATAHARI

Matahari merupakan sumber utama energi bagi kehidupan. Energi cahaya matahari masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Oleh produsen, energi cahaya matahari diubah menjadi energi kima Energi kimia mengalir dari produsen ke konsumen dari berbagai tingkat trofik melalui jalur rantai makanan. Energi kimia yang diperoleh organisme digunakan untuk kegiatan hidupnya sehingga dapat tumbuh dan berkembang.
Pertumbuhan dan perkembangan organisme menunjukan energi kimia yang tersimpan dalam organisme tersebut. Jadi, setiap organisme melakukan pemasukan dan penyimpanan energi. Pemasukan dan penyimpanan energi dalam suatu ekosistem disebut sebagai Produktifitas ekosistem. Produktifitas ekosistem terdiri dari produktifitas primer dan produktifitas sekunder. Semua organisme memerlukan energi untuk pertumbuhan, pemeliharaan, reproduksi, dan pada beberapa spesies,pengaturan energi suatu ekosistem bergantung pada produktivitas primer. Produktifitas primer adalah kecepatan mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia dalam bentuk bahan organik oleh organisme autotrof. Produktifitas sekunder adalah kecepatan energi kimia mengubah bahan organik menjadi simpanan energi kimia baru oleh organisme heterotrof. Bahan organik yang tersimpan pada organisme atotrof dapat digunakan sebagai makanan bagi organisme heterotrof. Dari makanan tersebut, organisme heterotrof memperoleh energi kimia yang akan digunakan untuk kegiatan kehidupan dan disimpan. Aliran energi dalam ekosistem tersebut sumber utama dan proses pertamanya adalah cahaya matahari.
Fungsi Energi Matahari bagi penghuni diplanit bumi sebagai sumber eenergi (sumber panas) dan sumber cahaya . energi radiasi matahari dapat menjelma dalam bentuk angin , gerakan udara bumi , angin yang sepoi basa sampai angin topan yang bisa merenggut nyawa. Matahari mempunyai peran yang sangat besar sebagai motor cuaca di bumi, penggerak badai dan angin topan. Panasmatahari menguapkan air laut. Uap air dibawa angin dan membawa hujan di daratan dengan berbagai proses terjadi daratan erosi kecil hingga banjir dan tanah yang basah merupakan proses penghutanan tanaman.

E.       PROSES FIFIS
Ada tiga cara aktivitas manusia dapat mempengaruhi sistemcuaca/iklim yaitu mengubah komposisi atmosfer , mengubah panas pada sistem dan mengubah kakrakteristik permukaan bumi. Atmosfer adalah elemen penting dalam kehidupan kita yang memiliki fungsi atmosfer yang  langsung dapatkita rasakan . dengan komposisi yang terkandung didalamnya , bumidapat terlindungi dan kehidupan dapat berlangsung. Banyak fenomena alam yang terjadi didalamnya , contohnya pelangi, halo, moonbows dan sundog. Setiap fenomena ini memiliki karakteristik tersendiri.
Pemanasan global dapat berdampak pada cuaca ekstrim seperti peristiwa siklon tropis , badai  guruh , El Nino-La Nina, akibat interaksi atmosfer – laut dan beda kapasitas panas antara daraat dan laut . modifikasi cuaca adalah salah satu usaha untuk mengatasi kekeringan .. namun demikian teknologi hujan buatan tidak dapat dilakukan di mana dan kapan saja , karena dikendalikan oleh persyaratan meteorlogis lokal.
Pada polusi udara, atmosfer merupakan tempat pembuangan semua jenis polutan . atmosfer dapat bertindak sebagai pengencer polutan, tetapi ada kalanya bertindak sebagi pendauran kembali polutan tersebut. Terjadinya modifikasi cuaca bertujuan untuk hujan buatan . teknologi hujan buatan dilakukan untuk meningkatkan  jumlah curah hujan , tetapi teknologi ini terbatas pada persyaratan meteorlogis. Pemanasan global disebabkan oleh gas rumah kaca dan penipisan ozonosfer oleh gas CFC (chlorofluorocarbons). Gas rumah kaca terutama karbon dioksida mempunyai sifat seperti kaca, transparan terhadap radiasi gelombang pendek dan menyerap radiasi gelombang panjang, sejak revolusi industri
konsentrasi , CO2, selalu meningkat.


BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN

IPA adalah suatu pengetahuan teoritis yang diperoleh  atau disusun dengan cara yang khas atau khusus, yaitu melakukan obsevasi eksperimentasi ,penyusunan teori, penimpulan, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kiat-mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain.
 Matematika adalah bahasa dasar ilmu pengetahuan. Dengan bantuannya, persoalan yang rumit dapat dibuat jelas dan sederhana sehingga mudah dicari pemecahannya. Matematika merupakan cabang ilmu yang berdiri sendiri.
Matematika adalah bahasa dasar ilmu pengetahuan. Dengan bantuannya, persoalan yang rumit dapat dibuat jelas dan sederhana sehingga mudah dicari pemecahannya. Matematika merupakan cabang ilmu yang berdiri sendiri.
Matahari merupakan sumber utama energi bagi kehidupan. Energi cahaya matahari masuk ke dalam komponen biotik melalui produsen. Fungsi Energi Matahari bagi penghuni diplanit bumi sebagai sumber energi (sumber panas) dan sumber cahaya .
Ada tiga cara aktivitas manusia dapat mempengaruhi sistemcuaca/iklim yaitu mengubah komposisi atmosfer , mengubah panas pada sistem dan mengubah kakrakteristik permukaan bumi.

Next Post Previous Post