Ekonomi Perencanaan

Assalammualaikum, Wb. Wr.
Alhamdulillah kembali saya hadirkan materi  terkait ekonomi, yang mungkin teman-teman cari-cari. Ketika anda kuliah di fakultas ekonomi dan bisnis yang mengambil kosentrasi ekonomi perencanaan pasti tidak asing lagi tentang pentingnya perencanaan dan buat apa mempelajari mata kuliah ekonomi perencanaan. Inilah cirikhas di jurusan ekonomi pembangunan dimana jurusan ini membahas terkait kebijakan-kebijakan pemerintah yang ada di indonesia, dan ekonomi perencanaan menjadi salah satu pembahasan di dalamnya.
Ekonomi perencanaan telah atau sering di gunakan di negara-negara sosialis, dimana pemerintah mempunyai kewenagan penuh terhadap kesejahteraan masayarakat, misalnya pembentukan visi-misi pemerintah provinsi Lampung, nah pemerintah akan merencanakan hal apa saja yang akan di capai oleh pemerintah di periode pemerintahannya tetapi untuk menyusun perencanaan harus didasari oleh kondisi masayarakat sekitarnya, misalnya mayoritas masayrat wilayah lampung bekerja di sektor pertanian maka yang harus pemerintah susun adalah di bidang perencanaan karna sektor unggulan di satu wilayah dengan wilayah yang lain akan berbeda.
Pengertian ekonomi perencanaan
Pengertian perencanaan menurut Conyers dan Hills tahun 1994 adalah Suatu proses berkesinambungan yang mencangkup keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan berbagai alternatif penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu pada masa yang akan datang.
Di dalam perencanaan terdapat empat elemen dasar perencanaan yaitu perencanaan sebagai:
   1)      Berarti memilih.
   2)      Sebagai alat pengalokasian sumber daya.
   3)      Merupakan alat untuk mencapai tujuan.
   4)      Untuk masa depan.
Pengertian perencanaan ekonomi mengandung pengertian:
Pengendalian dan pengaturan perekonomian dengan oleh pemerintah untuk mencapai sasaran dan tujuan tertentu dalam jangka waktu tertentu.
Unsur-unsur pokok perencanaan pembangunan ekonomi
   1)      Strategi dasar rencana pembangunan.
   2)      Adanya kerangka rencana makro.
   3)      Ketersediaan sumber daya khususnya sumber-sumber pembiayaan pembangunan.
   4)      Kerangka kebijakan yang konsisten (kebijakan fiskal,moneter, harga sektor dll)
   5)      Sebagai administrasi yang mendukung usaha perencanaan.

Fungsi perencanaan pembangunan ekonomi.



Next Post Previous Post