Kapitalisme bertentangan dengan Islam !


            Ulama bersepakat, bahwa sistem ekonomi kapitalisme di pandang Haram di dalam Islam. Lantas kenapa Menjadikan Kapitalisme Sebagai Ideologi di haramkan di dalam Islam? Sebelum itu kita harus tau terlebih dahulu apa yang dimaksud Dengan Kapitalisme?

            KAPITALISME adalah sistem ekonomi dimana perdagangan, industri dan alat-alat produksi di kendalikan oleh pemilik Swata dengan tujuan membuat keuntungan dalam Ekonomi Psar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi (wikipedia)


            Jadi, dalam kapitalisme, kekayaan alam bisa dimiliki oleh Perorangan, individu, atau kelompok dan Swata dengan syarat memiliki Modal yang besar. Kapitalisme ini tak hanya menyangkut Masalah sistem perekonomian saja, tapi Kapitalisme juga bisa di jadikan Ideologi di dalam hidup, yaitu dengan melihat segala sesuatu berdasarkan Materi

            Orang yang menggagas Kapitalisme adalah pemikir dari Skotlandia yang bernama Adam Smith, ia pernah berkata bahwa “jika sistem Kapitalisme atau liberal ini diterapkan, akan membawa kesjahteraan yang menyeluruh bagi masyarakat” (buku ekonomi kelas x, kurikulum 2013)

Karena itulah, sistem ekonomi kapitalisme ini bertentangan dengan islam, mengingat bahwa islam mengajarkan bahwa Sumber daya alam haruslah di kelola oleh negara dan hasilnya di peruntukkan tuk kesejahteraan masyarakat, perhatikan perkataan Rasululullah SAW berikut


حَدَّثَنَاعَلِيُّ بْنُ الْجَعْدِ اللُّؤْلُئِيُّ،أَخْبَرَنَا حَرِيزُ بْنُ عُثْمَانَ،عَنْ حِبَّانَ بْنِ زَيْدٍ الشَّرْعَبِيِّ،عَنْ رَجُلٍ مِنْ قَرْنٍ.ح، حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ،حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ،حَدَّثَنَا حَرِيزُ بْنُ عُثْمَانَ،حَدَّثَنَا أَبُو خِدَاشٍ، وَهَذَالَفْظُ عَلِيٍّ، عَنْ رَجُلٍ مِنِالْمُهَاجِرِينَ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّقَالَ: غَزَوْتُ مَعَ النَّبِيِّ ثَلَاثًا،أَسْمَعُهُ يَقُولُ: " الْمُسْلِمُونَ شُرَكَاءُ فِي ثَلَاثٍ: فِيالْكَلَإِ، وَالْمَاءِ، وَالنَّار "


" Kaum Muslimin berserikat dalam tiga perkara yaitu padang rumput, air dan api "(Hr. Abu Daud, Sunan Abu Daud, 2/596 - 952)
Next Post Previous Post