Model Pembelajaran Efektif, Inovatif dan Interaktif: Picture and Picture
Salah satu model pembelajaran efektif yang menggunakan media gambar, selain Examples non Examples adalah Picture and Picture. Sesuai dengan namanya, media utama dalam model pembelajaran ini adalah gambar (picture).
Seperti halnya Model Pembelajaran Examples non Examples, model pembelajaran Picture and Picture ini juga dapat digunakan untuk mendorong peserta didik untuk berpikir kritis terhadap contoh yang ditampilkan oleh guru.
Sehingga, dapat mendukung proses pembelajaran saintifik dalam Kurikulum 2013 (meskipun memang jenis model pembelajarannya tidak disertakan dalam RPP). Namun demikian, model pembelajaran ini juga bisa digunakan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan dimasukkan dalam RPP tentunya.
Yang membedakan dengan Examples non Examples adalah bahwa dalam Picture and Picture, gambarnya sudah dalam bentuk cetak (print out). Kemudian peserta didik diminta untuk mengurutkan gambar secara logis.
Untuk lebih sistematis dan detailnya, berikut kami sajikan tahap-tahap implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture ini.
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Kemudian guru menyajikan materi sebagai pengantar
- Langkah selanjutnya guru menunjukkan beberapa gambar yang tentunya berkaitan dengan materi pembelajaran
- Guru menunjuk/memanggil peserta didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
- Selanjutnya guru menanyakan alasan/dasar pemikiran dari urutan gambar yang disusun tersebut
- Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Kesimpulan
Sebagai penjelas, berikut kami sajikan contohnya:
Misalkan dalam mata kuliah pengantar ilmu ekonomi yang tengah membahas permintaan dan penawaran. Dosen mata kuliah tersebut menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture, dan menampilkan beberapa gambar, diantaranya sebagai berikut:
Terdapat tiga gambar yang ditampilkan dosen dalam sub bab pergeseran kurva permintaan. Kemudian peserta didik ditunjuk untuk menyusun gambar tersebut dengan urutan yang logis. Peserta didik juga diminta memberikan alasan dari urutan tersebut.
Urutan yang benar untuk gambar tersebut di atas adalah 2-3-1
Diawali dari peningkatan pendapatan oleh konsumen yang mengakibatkan menigkatnya tingkat permintaan konsumen atas suatu produk tertentu. Peningkatan permintaan ini menyebabkan kurva permintaan bergeser ke kanan.
Materi tentang Pergerakan dan Pergeseran Permintaan bisa dibaca di sini!
Untuk sub bab lain, kita bisa menggunakan gambar lain yang sesuai. Jadi gambar yang disediakan memang cukup banyak. Tapi hal itu tidak menjadi masalah apabila hasilnya nanti sesuai dengan tujua pembelajaran.
Demikian sedikit penjelasan tentang Model Pembelajaran Picture and Picture, semoga bermanfaat.