Kosentrasi Jurusan Ekonomi Pembangunan FE Unila tahun 2016

Assalammualaikum Wr.Wb.



Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh Alam, yang mana telah memberika Rahmat dan Nikmat yang besar kepada Mahluk-Nya. Nikmat yang mulia yang Tuhan berikan kepada manusia sehingga manusia sebagai mahluk yang paling sempurna di bandingkan dengan mahluk yang lain yang Tuhan ciptakan.

Dan sholawat serta salam kita haturkan kepada Rasulullah  yang menyampaikan risalahnya yang dengan sunahnya, mudah mudahan kita mengikuti ahlak mulianya, supaya mendapat syafaatnya.

Baik teman-teman sekalian saya akan memberikan gambaran mengenai kosentrasi di jurusan ekonomi pembangunan atau biasa disebut IESP (ilmu ekonomi studi dan pembanguna) Universitas Lampung. IESP merupakan bidang studi ilmu inti dari pembahasan ekonomi namun pada kenyataannya di masyarakat umum jurusan ilmu ekonomi studi dan pembangunan tidak terlalu terkenal, sehingga jurusan ini tidak terlalu di minati oleh calon mahasiswa pada saat ini. Calon mahasiswa sekarang ini lebih cenderung mengenal jurusan Akutansi dan Manajemen, masyarakat lebih mengetahui jurusan kedua tersebut, padahal jika teman-teman sekalian pahami, ilmu manajemen dan ilmu akutansi adalah cabang dari ilmu  ekonomi dan studi pembangunan imi, namun mengapa IESP tidak di ketahui sedangkan cabang ilmunya seperti manajemen dan akutansi lebih di gemari.

Bagi teman-teman sekalian yang telah masuk dalam jurusan ekonomi pembanguan ini besukurlah, karna jika anda ingin belajar tentang ekonomi jurusan IESP lah yang tepat anda pilih. Banyak sekali penjabat pemerintah yang telah belajar ekonomi di jurusan IESP ini, seperti halnya Sri Mulyani, Budiono dan lain sebagainya, beliau semua tokoh-tokoh ekonom yang populer dan ahli ekonom indonesia.

Pada saat ini ilmu ekonomi sangat dibutuhkan di indonesia karna ilmu ekonomi pembangunan merupakan ilmu yang tepat untuk di terapkan di indonesia, karna indonesia merupakan Negara yang sedang berkembang maka sangat dibutuhkan sekali ilmu ekonomi pembangunan. Dengan adanya ilmu ini akan memudahkan pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan, ketimpangan, dan peningkatan pendapatan perkapita masyarakat Sehingga supaya mencapai kesejahteraan masayrakat indonesia. Jadi bbisa kita katakan ilmu ekonomi dan studi pembangunan merupakan ilmu untuk membangun ekonomi di Negara sedang berkembang untuk mencapai kesejakteraan masyarakat secara merata.

Dan ketika anda telah mengambil jurusan IESP ini anda adalah orang yang terpilih sebagai mahasiswa yang akan memperdulikan keadaan masyarakat. Didalam jurusan IESP khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung pada tahun 2016 terdapat 4  kosentrasi, yaitu:

     1)    Ekonomi Moneter.
     2)    Ekonomi Perencanaan dan Pembangunan.
     3)    Ekonomi Publik dan Fiskal.
     4)    Ekonomi Regional

Empat hal tersebut merupakan kosentrasi yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung di tahun 2016. Ekonomi regional merupakan kosentrasi baru yang di terapkan di tahun 2016 dari hasil rapat revisi mata kuliah yang dilakukan oleh pihak pimpinan jurusan ekonomi pembangunan yang di laksanakan pada mei 2016 lalu. Dengan di adakannya kosentrasi ekonomi regional ini adalah karna kebutuhan akan pentingnya pembangunan ekonomi wilayah, dengan adanya pembangunan di setiap wilayah regional di harapkan dapat mencapai pertumbuhan ekonoi regional yang merata.

Empat kosentrasi tersebut sangat penting dalam kebijakan ekonomi di indonesia, ekonomi moneter membahas mengenai kebijakan ekonomi di bidang kestabilan nilai tukar Rupiah terhadap nilai mata uang lainnya seperti halnya Bank Indonesia yang menetapkan kebijakan moneter dan kesetabilan sistem pembayaran

Dan selanjutnya ada kosentrasi ekonomi perencanaan pembangunan yang membahas terkait dengan bagaimana pemerintah dapat merencanaakan pembangunan ekonomi di suatu Negara atau suatu wilayah sesuai dengan keadaan masayarakatnya, seperti perencanaan jangka panjang (RPJP), Perencanaan jangka Menengah (RPJM), dan jangka pendek, bertujuan untuk mencapai tujuan yang sudah di rencanakan oleh setiap Negagara atau setiap wilayah sesuai dengan sektor unggulan di daerah tersebut. Seperti contohnya di BAPPEDA atau BAPPENAS.

Dan selanjutnya kosentrasi ekonomi fiskal dan Publik membahas tentang bidang keuangan atau pengeluaran pemerintah atau kebijakan pemerintah di bidang keuangan, seperti pengeluaran APBN dan penerimaan pendapatan negra, seperti yang kita ketahui pendapatan terbesar Indonesia adalah di sektor pajak, dan sebagainya seperti halnya mentri keuangan RI.

mudah-mudahan bermanfaat ya tetap semangat jika antum mengambil jurusan IESP. jangan merasa manajemen dan Akutansi yang lebih baik, malah  IESP lebih di butuhkan di oleh pemerintah.

Wasalammualaikum, Wr. WB



Next Post Previous Post