analisis Makro Ekonomi


belajar Mencoba Menganalisis Makro Ekonomi
saya mau tanya kepada teman teman, teman teman lebih berpihak di mna  ketika harga BBM naik atau  BBM turun.
Dan kalau misalkan anda berpihak pada penurunan harga BBM alasanya apa? Bukan alasan untuk mementingkan diri sendiri tetapi bisa berdampak kepada seluruh kemaslahatan masyarakat luas.
Dan jika berpihak kepada kenaikan harga BBM alasanya apa?
Apakah dengan adanya harga BBM yang tetap, tidak pernah mengalami kenaikan harga pasti akan memakmurkan masyarakat belum tentu kan, yang menikmati BBM yang bersubsidi ini rata-rata hanyalah para masyarakat menengah ke atas, kita lihat saja yang mempunyai mobil, motor banyak yang mampu membeli kendaraan itu semua adalah masyarakat yang menengh ke atas bukan?, dan pada tahun 2010 Badan Pusat Statistika (BPS) menunjukkan, secara rata-rata rumah tangga kaya menikmati subsidi bensin 10 kali lipat lebih besar daripada rumah tangga miskin. Pemotongan subsidi BBM dengan demikian merupakan pilihan yang lebih bijak dalam membelanjakan uang negara. Hasil pemotongan subsidi itu dapat dipakai untuk membiayai berbagai program pengentasan kemiskinan dan lebih dinikmati oleh Rakyat Menengah ke bawah.
Dan indonesia juga pegonsumsi BBM sangat tinggi,
mana mungkin masyarakat yang kurang mampu itu mau mengonsumsi BBM kan mereka tidak mempunyai kendaraan?, kalau harapan masyarakat mengharapkan pemerintah untuk terus mensubsidi BBM ketika harga dunia sedang mengalami kenaikan, lalu seberapa anggaran pemerintah untuk terus mensubsidi itu, apakah yang terpenting itu Cuma BBM, apakah permasalahan utama dari kemakmuran itu Cuma dari BBM, ya memang kenaikan bbm akan berdampak pada kenaikan harga, buktinya kenaikan atau penurunan harga BBM tidak berdampak besar tu bagi rakyat miskin yang ada di kampung.
Yang jelas pemerintah harus lebih teliti dalam penetapan pandangan dan kebijakanya supaya berdampak baik secara besar, kita jangan hanya menyalahkan pemerintah saja kita juga sebagai masyarakatnya juga ikut membantu berpikir.
ada lima alasan penting bagi kita semua untuk berkomitmen mengurangi subsidi BBM. Yakni:
1.      lebihberpihak pada rakyat menengah ke bawah
2.      lebih hemat dan ramah lingkungan
3.      lebih bermanfaat
4.      lebih benar
5.      lebih awet
maaf jika ada yg salah “masih proses belajar”.









Next Post Previous Post